Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Gandeng LMP Macab Kota Padang, Fakultas Hukum Unand Gelar Bersih- Bersih Pantai Lolong

Minggu, 12 November 2023 | November 12, 2023 WIB Last Updated 2023-11-12T12:11:46Z

Padang, Minggu 12 November 2023 | Kegiatan Program Kerja Merah Lestari dari BEM FHUA yang akan berlangsung selama 2 hari di mulai hari ini dengan kegiatan aksi bersih lingkungan dan besoknya Senin, 13 November dengan aksi sosial Donor Darah di Fakultas Hukum Universitas Andalas Limau Manis, Padang 12/11/2023.

Dalam kata sambutan Ketua Pelaksana Sischia Umbratul Chaira menyatakan " Merah Lestari " adalah program kerja yang diusung oleh Kementerian Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Negara Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas. Dimana proker ini berfokus pada 2 kegiatan yaitu aksi bersih bersih lingkungan dan donor darah. Dalam pelaksanaannya Kemesosmas bekerjasama dengan Mapala Green Justice FHUA dan RSUP dr. M. Djamil Padang yang di support oleh Rescue Laskar Merah Putih Macab Kota Padang.

Harapan adanya proker ini yaitu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait isu lingkungan yang dilihat pada saat ini terkhususnya lingkungan pantai Kota Padang dan juga terkait isu kemanusiaan dengan melaksanakan aksi donor darah.

Kegiatan Yang dihadiri juga oleh Lurah Lolong Belanti Kec. Padang Utara, Bpk Eripon, Dalam kata sambutannya, beliau sangat berterima kasih kepada adik adik mahasiswa Fak Hukum Unand dan relawan yang telah berpartisipasi dan mendukung program Pemko Padang dengan maskotnya Padang Bagoro.

"Mudah mudahan dengan adanya gotong royong bersih bersih sampah pantai di Kelurahan Lolong Belanti ini akan membangkitkan animo masyarakat Lolong Belanti dalam menciptakan lingkungan yang bersih, bebas sampah, sehingga Kota Padang kedepannya dapat menekan jumlah sampah, khususnya Kelurahan Lolong Belanti.

Mewakili Pemerintahan Kelurahan dan masyarakat RT 03, 04, RW 02 Kel. Lolong Belanti, beliau mengucapkan terimakasih atas kegiatan positif di pagi ini semoga ke depan lebih baik lagi dan secara simbolis kegiatan ini dibuka langsung oleh beliau.

Giat pertama sebelum aksi bersih sampah adalah edukasi pengelolaan sampah terpadu dan pemanfaatan limbah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis oleh Pemateri dari Komandan Rescue Laskar Merah Putih Marcab Kota Padang, Babe Abu Hanifah.

Dalam materinya, "Babe" menyampaikan kepada peserta aksi bersih sampah bahwa pengelolaan limbah sampah harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri.

"Saat ini sampah di Kota Padang dalam seharinya bisa mencapai sekitar 650 ton dengan sampah yang terangkut ke TPA Air Dingin oleh DLH Kota Padang sebesar 450 ton per hari".

"Bisa diasumsikan bahwa salah satu faktor yang membuat timbunan sampah ini begitu banyak adalah karena tidak berjalannya pengelolaan sampah yang ada ditingkat masyarakat secara optimal, ujar Babe.

Kegiatan hari ini, berhasil mengumpulkan 80 kantong sampah di Pantai Lolong Belanti yang dibawa langsung ke TPA Air Dingin oleh mobil sampah yang di fasilitasi langsung oleh DLH Kota Padang.

Dan acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan voucher free drink di Wabe Cafe untuk peserta aksi bersih.

Rel LMP Macab Kota Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update