Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Saturan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat ( Satlinmas) Tingkat Nasional Tahun 2024 Digelar Di Halaman Istana Gubernur Sumatera Barat

Selasa, 05 Maret 2024 | Maret 05, 2024 WIB Last Updated 2024-03-05T10:19:18Z

Padang, Rakyat Merdeka86 | Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan H binUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang digelar di Halaman Istana Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/3) turut dihadiri oleh Bupati Hamsuardi, Kasatpol PP Media Fitra, beserta rombongan Satpol PP Kabupaten Pasaman Barat.


Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldi yang telah menyelenggarakan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 itu. Ia juga mengapresiasi dedikasi Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia dalam menjalankan tugas-tugasnya. 


Lanjut ia mengatakan, sejarah masa lalu akan selalu berpengaruh pada masa sekarang ini. Pada tahun 1948, Satpol PP bernama Detasemen Polisi Pamong Praja yang berperan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia khususnya daerah Jawa dan Madura. Kemudian 3 Maret 1950, diubah menjadi Kesatuan Polisi Pamong Praja. Dari sejarah itulah, 3 Maret diperingati sebagai hari jadi Satpol PP. 


"Sementera Satlinmas mempunyai sejarah dari masa pemerintahan Hindia Belanda dengan nama Lucht Bescherming Dients yang merupakan organisasi masyarakat untuk menghadapi serangan Jepang. Setelah kemerdekaan, Satlinmas diberi nama Pertahanan Sipil atau Hansip pada 1962. Kemudian Hansip berubah nama menjadi Linmas namun tidak merubah fungsi dan perannya dalam melindungi masyarakat," tambahnya. 


Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Satpol PP merupakan ujung tombak dalam menegakkan peraturan daerah. Peran yang sangat penting dan menjadi komponen utama bersama unsur lainnya dalam menjaga keamanan masyarakat serta menegakkan hukum khususnya peraturan daerah. Peran Satpol PP dan Linmas juga sangat dirasakan saat Pemilu 14 Februari lalu. Keberlangsungan Pemilu, membutuhkan manajemen agar tidak terjadi konflik yang menghancurkan. Begitu juga dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang. 


"Indonesia melaksanakan Pemilu serentak dalam satu hari penuh, baik presiden, legislatif di DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi hingga kabupaten. Semua bahu-membahu, peran Satpol PP dan Linmas menjadi sangat besar. Kesuksesan Pemilu tidak bisa diklaim oleh satu pihak, namun tak bisa dipungkiri salah satunya adalah karena efektivitasnya pelaksanaan Satpol PP dan Linmas," jelasnya. 


Ia juga membahas mengenai status kepegawaian Satpol PP di Indonesia berjumlah 105. 872 personel, 29.000 diantaranya merupakan ASN dan 75.000 lebih adalah non ASN. Kerjasama dan koordinasi bersama Kemenpan RB, bahwa terbuka kesempatan bagi non ASN diberi peluang menjadi ASN atau pegawai PPPK selain guru dan tenaga kesehatan. 


Di akhir sambutannya, Mendagri Tito Karnavian menghimbau kepala daerah agar menekan angka inflasi terutama menjelang bulan puasa dan hari raya. Mewaspadai kenaikan komoditas beras, daging ayam, telur, minyak goreng dan segera menambah supply serta melancarkan distribusi melalui peran Satpol PP dalam membantu aparat penegak hukum. 


Sementara itu, ditemui di tempat yang sama Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan selamat Hari Jadi Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 tahun. Ia menyebutkan bahwa tema Rakornas pada HUT itu adalah Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibum linmas Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024. 


"Tidak lama lagi Pilkada serentak akan berlangsung yakni pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Untuk itu, kami berharap semoga Satpol PP dan Satlinmas semakin profesional dan solid dalam mengemban tugas, serta memberi perlindungan yang maksimal kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Pasaman Barat," ungkapnya.


Pada gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas itu juga digelar penyerahan penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada daerah oleh Kemendagri, atraksi secara simbolik pergantian baju anggota Linmas terbaru, display Drum Band Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten/Kota Se- Sumbar, atraksi penyelenggaraan Trantibum Kota Bukittinggi dan atraksi Trantibum Kota Padang Panjang serta atraksi dari IPDN Regional Sumbar. 


(syafri.m)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update