Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Khairul Ikhwan Akan Majukan Kota Melalui Program 5 Padang

Jumat, 10 Mei 2024 | Mei 10, 2024 WIB Last Updated 2024-05-10T12:19:47Z

Padang, Rakyat Merdeka86 | Tampil pertama untuk menyampaikan visi dan misi sebagai calon Walikota Padang dengan waktu yang sangat singkat (3 menit) dalam Dialog Kebangsaan bersama Calon Walikota Padang yang digelar Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Padang, dengan tema; “Memperkuat Kesatuan Menyongsong Masa Depan Kota Padang”, di Wisma HMI Cabang Padang, Jalan Hang Tuah Padang, Kamis 9 Mei 2024, memang membuat Dr Khairul Ikhwan, MM yang saat ini menjabat sebagai Dirut Perumda Tirta Sago Payakumbuh agak sedikit kerepotan dan tak bisa menjelaskan visi misinya secara detil.


Kendati bagi Khairul Ikhwan yang merupakan adik kandung mantan Gubernur Sumbar dua periode, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, M.Sc gelar Datuak Rajo Bandaro Baso, HMI bagai rumahnya sendiri, karena di HMI-lah ia menempa diri untuk berkegiatan dan berdiskusi semasa menjadi mahasiswa di Fisip Unand dulu, namun ia tak mendapat perlakukan istimewa. Buktinya panitia meng-cut penyampaian visi dan misinya lantaran kehabisan waktu.


Namun intinya, kata Khairul Ikhwan, bila Allah Al Hakam (Yang Maha Menetapkan) memberikan kesempatan padanya untuk memimpin Kota Padang lima tahun mendatang (2025 – 2030), ia telah menyiapkan program unggalan yang disebutnya dengan program “5 Padang”. 


Pada program yang diusungnya itu Khairul Ikhwan yang merupakan Presidium HMI Cabang Padang periode 1989-1990, dan Presidium KAHMI Padang tahun 2017 ini akan lebih berkonsentrasi pada infrastruktur yang merata untuk semua. 


“Saat ini infrastruktur Padang itu belum tertata dengan baik, jadi perlu pembenahan,” kata putra asli daerah Taratak Paneh Kuranji Padang yang pernah meraih penghargaan sebagai Top CEO BUMD 2024, serta membawa perusahaan yang dipimpinnya meraih Top BUMD Awards 2024 Bintang 4 ini.


Yang tak kalah pentingnya, bila Allah Ar Raqiib (Yang Maha Mengawasi) memberikan kesempatan pada pria berperawakan tenang kelahiran 1965 ini untuk memimpin Kota Padang lima tahun mendatang, maka agenda pengelolaan sampah tak akan luput dari perhatiannya.


Dalam program ke duanya, Khairul Ikwan bersama organisasi perangkat daerah akan menciptakan “Padang Bersih”, dimana sampah dikelola secara tepat, dan kota dirawat bersama dengan semangat gotong royong. 


“Dulu Padang berturut-turut meraih penghargaan Adipura, sekarang tidak lagi,” ujar doktor lulusan Unpad Bandung dengan jurusan Administrasi Publik dan mantan Ketua Fraksi PKS di DPRD Padang 1999-2004 ini.


Dalam program 5 Padang itu, Khairul Ikhwan yang pernah pula menjabat Ketua Dewan Pakar MD KAHMI Padang tahun 2021 dan Sekum HMI Badko Sumbar-Riau tahun 1989 ini, juga akan lebih menata transportasi publik untuk semua. 


“Saat ini dengan adanya Trans Padang sudah bagus, tetapi ini perlu lebih diperluas lagi sampai ke pinggiran kota,” katanya.


Keempat, melalui program Padang Berkembang, Khairul Ikhawan berupaya akan membuat ekonomi lokal tumbuh dan peluang kerja bertambah dengan hadirnya investasi, serta memprioritaskan program-program pemberdayaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).


Pada program ke lima yang “dibungkus” melalui 5 Padang, Khairul Ikhwan akan menciptakan Padang Aman, dimana masyarakat Padang mendapatkan jaminan keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas di kehidupan sehari-hari, maupun di lingkungan tempat tinggalnya. (Febriansyah Fahlevi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update