Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Rutan Padang Ikuti Rapat Koordinasi Pembinaan Pos Pengaduan HAM

Senin, 10 Juni 2024 | Juni 10, 2024 WIB Last Updated 2024-06-10T08:45:29Z

Padang, Rakyat Merdeka86 |   Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang, Welli, bersama seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis beserta Operator Simas HAM masing - masing UPT pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat mengikuti Rapat Koordinasi Pembinaan Pos Pengaduan HAM, Senin (18/3/2024) bertempat di hall Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.


Kegiatan diawali oleh laporan dari Kepala Bidang HAM, Dewi Nofyenti menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan adalah dengan ditetapkan Permenkumham Nomor 23 Tahun 2022 tentang Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM dan untuk meningkatkan penanganan dugaan pelanggaran HAM sebagai wujud kewajiban dan tanggung jawab pemerintah dalam P5HAM (Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan, dan Pemajuan Hak Asasi Manusia) maka perlu dibentuk Pos Pengaduan HAM pada masing - masing Unit Pelaksana Teknis di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar.


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembukaan dan penyerahan penghargaan kepada UPT yang responsive terhadap pembentukan pos pengaduan HAM Tahun 2024 yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kumham Sumbar, Amrizal. Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padang berhasil memperoleh penghargaan terbaik II dalam hal ini yang diterima langsung oleh Karutan Padang, Welli.


Kegiatan dikhiri dengan pemberian materi oleh Kepala Bidang HAM kepada operator SIMAS HAM masing-masing UPT tentang mekanisme penanganan dugaan pelanggran HAM dan tata cara pelaporan dugaan pelanggaran HAM melalui aplikasi.


Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padang, Welli mendukung pembentukan pos pengaduan HAM pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padang dan berharap agar pos pengaduan HAM yang ada bisa menjadi fasilitas dan sarana penerimaan pengaduan, pemerikasaan administrasi, dan konsultasi dugaan pelanggaran HAM bagi masyarakat pengguna layanan.


@Kumhamsumbar

@rutan_padang

@rutan_padang

@rutan_padang

#ditjenpas

#apakabarpemasyarakatan

#KumhamSumbar

#Haris Sukamto

#Welli36

#rutanpadang

#rutan_padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update