Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

SDN 55 BATANG PIARAU SURABAYO GELAR WORKSHOP DAN PELATIHAN PEMANFAATAN BOSP KINERJA BERKEMAJUAN TERBAIK

Sabtu, 21 Oktober 2023 | Oktober 21, 2023 WIB Last Updated 2023-10-21T11:49:25Z


Agam,RAKYAT MERDEKA 86 | Sabtu, 21 Oktober 2023 bertempat di jorong Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Kembali salah satu Sekolah di Agam yaitu SDN 55 Batang Piarau dengan Kepala Sekolah Nora Susanti, S.Pd.M.Pd bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Menggelar Workshop/Pelatihan tentang Pemanfaatan Dana BOSP Kinerja Berkemajuan Terbaik yang di ikuti oleh Seluruh Guru, Bendahara BOS, Operator sekolah, Koordinator Unit Kerja (KUK), Pengawas, Komite Sekolah Beserta jajaran dan Segenap Orang Tua dari Peserta Didik dengan Tujuan agar pemanfaatan BOSP Kinerja Berkemajuan Terbaik ini dapat terealisasi sesuai dengan pasal 42 Ayat (6) Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2022 tentang Juknis BOS.

Workshop atau Pelatihan ini di laksanakan Selama Satu Hari Penuh. Yang di mulai dari Pukul 08.00 WIB hingga selesai.
Kegiatan Workshop/Pelatihan ini di Buka Secara Resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam yang di Wakili oleh Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Rezafri Bardi, M.Pd dan sekaligus beliau juga di Undang sebagai Narasumber pada Kegiatan tersebut.
Selain Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam yang bertindak menjadi Narasumber, tampak juga di Undang menjadi Narasumber dari Unsur Pengawas yaitu Mara Sakti, S.Pd.M.Pd dan Ibu Adriani, MP.d yang juga selaku Pengawas Binaan untuk Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Basung.

Seperti yang di Laporkan juga oleh Salah Seorang Guru dari SDN 55 Batang Piarau Yaldiantoni, SP.d yang juga Ketua Panitia Pelaksana dalam Kegiatan Workshop/Pelatihan ini,
Bahwasanya SDN 55 Batang Piarau Cukup berbangga atas Kinerja Berkemajuan Terbaik ini, Karena dari 67 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Lubuk Basung, SDN 55 adalah 4 dari sekolah yang mendapatkan BOSP Kinerja Berkemajuan Terbaik ini tuturnya.

Sebelumnya BOSP Kinerja Kemajuan Terbaik ini adalah Sebuah Prestasi yang cukup membanggakan yang telah di Raih oleh satuan Pendidikan di Agam baik untuk jenjang SD dan SMP. Karena BOSP Kinerja Kemajuan Terbaik ini merupakan Alokasi Dana Tambahan yang di berikan oleh Kemendikbudristek Kepada Satuan Pendidikan yang di Nilai memiliki dan menunjukan Kemajuan Terbaik dan adanya Peningkatan Capaian Mutu Pendidikan dari Tahun Sebelumnya berdasarkan Rapor Pendidikan.
Selain BOSP Kinerja Kemajuan Terbaik, beberapa Satuan Pendidikan di Agam juga memperoleh BOSP Kinerja Prestasi.

Sesuai dengan yang di sampaikan Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Rezafri Bardi, M.Pd bahwasannya dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, Agam adalah salah satu Kabupaten yang Satuan Pendidikannya terbanyak menerima BOSP Kinerja Kemajuan Terbaik ini, yaitu dengan jumlah penerimaan Sebesar Rp. 1.790.000.000,- ( Satu Miliar Tujuh Ratus Sembilan Puluh Juta Rupiah ) yang terdiri dari 64 Sekolah di Jenjang SD, dan 10 Sekolah di jenjang SMP.
Dengan Alokasi per sekolahnya untuk SD sebesar Rp. 22.500.000,- ( Dua Puluh Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) dan untuk jenjang SMP sebesar Rp. 35.000.000,- ( Tiga Puluh Lima Juta Rupiah ). Sedangkan Untuk BOSP Kinerja Prestasi untuk jenjang SD dan SMP adalah adalah sama - sama Rp. 25.000.000,- ( Dua Puluh Lima Juta Rupiah ).

Ditambahkan juga oleh KUK Mara Sakti, S.Pd.M.Pd adapun Tujuan atau sasaran penggunaan Dana BOSP Kinerja Kemajuan Terbaik ini untuk jenjang SD dan SMP adalah :
1. Pembelajaran Dengan Paradigma Baru
2. Perencanaan Berbasis Data ( PBD )
Sedangkan Tujuan atau Sasaran dari Penggunaan atau Pemanfaatan BOSP Kinerja Prestasi untuk jenjang SD dan SMP adalah :
1. Untuk Pengembangan Talenta
2. Perencanaan Berbasis Data ( PBD ).

Hal ini juga di sambut baik dan mendapat Apresiasi dari Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM terhadap OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karena telah mampu mendorong Satuan Pendidikan yang ada di Agam untuk selalu terus 
Dan meningkatkan Mutu Pendidikannya di Sekolahnya masing-masing.

Bupati Agam juga berharap agar ini terus dapat di tingkatkan, Karena menurut Beliau Pendidikan adalah Sektor yang sangat penting untuk sebuah Kemajuan Suatu Daerah dan Perubahan Peradapan Suatu Bangsa dalam mencapai Kemajuan tidak terlepas dari Sebuah Pendidikan ucapnya. (Fit/jona)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update