Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Nagari Tabek Sirah, Nagari Baru Menatap Potensi Sumber Daya Alam

Minggu, 07 Juli 2024 | Juli 07, 2024 WIB Last Updated 2024-07-08T05:44:59Z

 


Pasbar, Rakyat Merdeka86 | Nagari Tabek SirahTalu, salah satu nagari yang baru mekar di Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, kini mulai menunjukkan potensi besar yang dimilikinya. 


Dipimpin oleh seorang Penjabat (Pj.) yang merupakan putra daerah sendiri, Bapak Refqi Jufri, A.Md., nagari ini berpotensi menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dan sosial di wilayah tersebut.


Nagari Tabek Sirah terletak di daerah yang strategis dengan kekayaan alam yang melimpah. Potensi sumber daya alam yang dimiliki nagari ini mencakup lahan pertanian yang subur, baik persawahan dan perkebunan, sumber daya air yang melimpah, serta berbagai hasil hutan yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.


Bapak Refqi Jufri, A.Md., sebagai Pj. Wali Nagari Tabek Sirah Talu, menyampaikan bahwa pengelolaan sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan menjadi fokus utama pemerintah nagari.


 "Kami berkomitmen untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan cara yang berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Nagari Tabek Sirah Talu," ujarnya.


Selain itu, pemerintah nagari juga sedang merancang berbagai program pembangunan baik bersifat infrastruktur dan pemberdayaan peningkatan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.


 Salah satu program yang tengah diusung adalah pengembangan sektor pertanian yaitu "Nagari Mandiri Benih" khusus benih padi, Perluasan Areal Kopi Robusta dan Pengembangan Perikanan Darat yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.


Masyarakat Nagari Tabek Sirah Talu pun menyambut baik berbagai inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah nagari. Mereka berharap dengan adanya perhatian yang lebih dari pemerintah, potensi yang dimiliki nagari ini dapat digali dan dimanfaatkan secara optimal.  


Selanjutnya untuk keberlanjutan usaha tersebut pada tahun ini juga dibentuk Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari) yang akan mengelola seluruh hasil produksi potensi tersebut, baik pengembangan, pasca panen, pemasaran dan jasa lainnya.


Dengan segala potensi yang dimiliki, Nagari Tabek Sirah Talu diharapkan dapat mengejar nagari-nagari/desa lain, yang lebih dahulu dalam mengelola potensi pembangunan nagari yang sukses baik di Kabupaten Pasaman Barat maupun tingkat Propinsi Sumatera Barat.


 Beliau juga menyampaikan Peran serta masyarakat dan dukungan pemerintah yang kuat akan menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan nagari yang makmur dan berdaya saing.

( SM/DRS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update